5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Pertamamu

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Pertamamu

Memiliki bisnis sendiri memang menjadi keinginan hampir semua orang. Meski begitu, mencapainya bukan menjadi hal yang mudah dilakukan. Sebab, ada banyak pertimbangan sebelum menjalani suatu usaha, modal menjadi salah satunya. Sayangnya, masih banyak orang mengira bahwa membuka bisnis memerlukan modal besar.

Faktanya, kamu bisa membuka bisnis meski memiliki anggaran yang terbatas. Jika kamu membutuhkan modal usaha besar, kamu bisa memanfaatkan peer to peer lending atau pinjaman online, misalnya pinjaman online Lancar by Danamas. Selain itu, beberapa cara berikut ini juga bisa kamu coba untuk mendapatkan modal usaha bisnis pertama.

1. Menjual Aset Kepemilikan

Pertama, kamu bisa menjual aset yang kamu miliki. Misalnya, barang berharga, kendaraan pribadi, properti, atau aset berupa logam mulia. Kamu juga bisa menggabungkan perolehan dari hasil menjual aset dengan tabungan yang kamu punya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan modal yang lebih banyak jumlahnya dan tetap bisa menyimpan sebagian uang untuk dana cadangan.

2. Menggunakan Tabungan Pribadi

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan tabungan yang kamu miliki untuk menjadi modal usaha awal. Caranya tentu dengan menyisihkan sebagian pemasukan bulanan. Memakai anggaran pribadi untuk membiayai usaha sendiri membuat kamu tak harus cemas dengan utang saat bisnis mulai berjalan.

Meski demikian, kendala yang cukup besar adalah uang uang kamu punya ternyata tidak cukup untuk digunakan sebagai modal bisnis. Ini berarti, kamu harus menunggu lebih lama jika tetap ingin menggunakan uang sendiri untuk modal awal usaha. Terutama apabila usaha yang kamu rencanakan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

3. Mencari Rekan Bisnis

Jika kamu merasa cukup berat untuk menanggung biaya modal usaha sendiri, kamu dapat menyiasatinya dengan mencari rekan bisnis yang punya tujuan yang sama denganmu. Tak hanya membuat tanggungan biaya modal menjadi lebih ringan, memiliki rekan bisnis secara tidak langsung akan membantu meningkatkan besar modal yang kamu dapatkan.

Meski begitu, pastikan kamu sudah mendiskusikan semua hal dengan rekan. Mulai dari latar belakang bisnis, tujuan, lokasi, strategi pemasaran, keuntungan yang didapat, sistem bagi hasil, hingga solusi terbaik apabila menemui kendala. Menariknya, memiliki rekan bisnis tak hanya meringankan kamu soal modal, tetapi juga membuatmu memiliki teman diskusi.

4. Mencari Calon Investor

Cara lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan modal usaha awal adalah mencari calon investor. Tentu saja, cara ini dapat memberikan efek nyata terhadap kemajuan usahamu. Sebab, investor bisa memberikan pinjaman uang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Cara mencari calon investor untuk bisnis kamu juga tidak sulit. Kamu hanya perlu mencari orang yang punya minat terhadap usaha atau punya ide yang sama denganmu. Kamu juga bisa mengikuti kelas atau pelatihan bisnis yang memberikan penawaran pada calon pebisnis untuk dapat memperoleh suntikan modal usahanya.

5. Menggunakan Layanan Peer to Peer Lending

Pesatnya perkembangan teknologi seharusnya membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan modal usaha. Bahkan, kamu tidak perlu keluar rumah untuk melakukannya.

Sebab, kini ada layanan peer to peer atau P2P lending yang bisa jadi pilihan. Sekarang, sudah banyak sekali aplikasi atau platform yang menawarkan layanan pinjaman online yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Lancar sendiri bisa didownload diplay store melalui link berikut.

Saat ini, pinjaman online menjadi solusi praktis dan cepat untuk pebisnis mendapatkan modal awal usaha. Sebab, pinjol tidak memberikan banyak syarat kepada calon kreditur.

Akan tetapi, biasanya bunga cicilan yang harus dibayarkan cukup tinggi. Jadi, kamu harus melakukan analisis dan perhitungan keuangan dengan cermat sebelum memanfaatkan jasa P2P lending, sehingga kamu terhindar dari kerugian.

Selain itu, pastikan pula layanan pinjaman online pilihan memiliki jaminan kredibilitas dan profesional. Tak ketinggalan, perhatikan pula apakah lembaga yang kamu pilih sudan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Bukan tanpa alasan, ini menjadi bentuk jaminan untuk mencegah munculnya berbagai hal negatif yang tidak kamu inginkan.

Salah satu lembaga yang bisa kamu pertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman online adalah Lancar by Danamas. Menjadi lembaga yang telah terdaftar di OJK, Lancar by Danamas memberikan pinjaman modal usaha dengan tenor mulai dari 1 hingga 10 tahun dan bunga efektif mulai dari 14% per tahun.

Selain itu, cara pengajuan pinjaman online melalui Lancar by Danamas juga tidak rumit. Kamu hanya perlu mengirimkan persyaratan dan perkiraan nilai pinjaman. Lalu, buat akun dengan mengirimkan swafoto diri bersama KTP.

Selanjutnya, data akan diverifikasi dan uang akan langsung cair apabila semua dokumen telah disetujui. Yuk, buat akun sekarang dan dapatkan pinjaman terbaik untuk modal usaha awalmu di Lancar by Danamas!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *