6 Tips Mudah dalam Memilih Makanan Kucing yang Baik

6 Tips Mudah dalam Memilih Makanan Kucing yang Baik

Kucing atau sering juga disebut anabul atau anak bulu merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan sehingga banyak yang menjadikannya hewan peliharaan. Bagi kamu pencinta kucing, pasti sangat senang melihat tumbuh kembangnya seiring berjalannya waktu.

Makanan yang diberikan pun ingin selalu yang sehat dan bernutrisi sehingga tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Selain dijual di pet shop, berbagai makanan kucing dan perlengkapan kucing lainnya dapat kamu temukan di laman belanja online.

Untuk kamu yang ingin memastikan terus memberikan makanan yang terbaik untuk kucingmu, kami telah merangkum beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan saat memilih makanan untuk kucing kesayanganmu. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Lihat Komposisi dan Tabel Nutrisi di Kemasan

Telah banyak makanan kucing beredar di pasaran. Kamu harus pintar-pintar memilih makanan kucing seperti apa yang baik untuk kucing kesayanganmu. Umumnya makanan kucing terdapat 2 jenis, yaitu makanan basah atau semi basah dan makanan kering. Kemudian nutrisi penting yang dibutuhkan kucing di antaranya ialah protein, utarin, vitamin, asam lemak, asam amino, mineral, dan air.

Pastikan dalam komposisinya urutan protein, utarin, dan vitamin berada pada jajaran bahan teratas untuk memastikan bahwa makanan tersebut baik untuk kesehatan kucing. Kandungan makanannya pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan ras kucing yang kamu pelihara. Hal ini karena beberapa ras kucing mungkin lebih cocok dan menyukai jenis makanan tertentu. Cari tahu juga rekomendasi makanan kucing ras persia, anggora, atau pun ras kucing lainnya agar kamu tidak salah dalam memberinya makan.

2. Pilih Makanan Sesuai dengan Usia

6 Tips Mudah dalam Memilih Makanan Kucing yang Baik
Foto: Unsplash.com

Makanan yang diberikan pada kucing dewasa, kucing tua, dan kucing yang masih kecil tentu berbeda. Kucing kecil biasanya lebih membutuhkan protein lebih tinggi daripada kucing dewasa atau kucing tua. Protein sendiri berperan sebagai energi yang mengiringi tiap gerakan aktif yang dilakukan kucing.

Selain kandungan protein, tekstur makanan yang diberikan juga harus diperhatikan, contohnya kucing kecil memiliki mulut yang kecil sehingga makanan yang diberikan haruslah dengan potongan yang kecil-kecil pula. Makanan kucing berbagai usia banyak tersedia di pet shop dan online shop dengan banderol harga yang bervariasi.

3. Ketahui Kemungkinan Adanya Alergi

Seperti manusia, kucing juga bisa memiliki alergi makanan. Waspadai jika setelah kamu memberikan makanan lalu muncul tanda-tanda alergi padanya. Saat alergi, kucing cenderung bermasalah dengan pencernaannya dan bahkan muntah. Pastikan kucing tetap terhidrasi dan jika susah untuk minum air, kamu bisa siasati dengan memberi makanan basah yang di mana telah terkandung air yang cukup untuk tubuhnya.

4. Variasikan Makanan Kucing

Makanan kering merupakan makanan yang sering diberikan pada kucing karena praktis dan tidak begitu menimbulkan bau amis juga dapat melatih gigi dan gusi kucing. Namun tak jarang jika terlalu sering dan bahkan dalam sehari bisa berkali-kali makan makanan kering, kucing dapat terganggu pencernaannya. Hal itu terjadi karena kurangnya asupan air yang berasal dari makanan ataupun air secara langsung.

Jika kamu memberinya terlalu banyak makanan basah, kucing mungkin akan merasa bosan. Maka dari itu, cobalah untuk variasikan makanan seperti dalam tiga waktu yaitu pagi, siang, dan malam. Kamu bisa memberikan makanan kering dan basah secara bergantian. Cara ini selain untuk menyiasati asupan air yang masuk ke dalam tubuhnya, juga dapat memberikan sensasi rasa makanan yang berbeda-beda pada kucing.

5. Lihat Keunggulan Masing-masing Produk

6 Tips Mudah dalam Memilih Makanan Kucing yang Baik
Foto: Unsplash.com

Saat membeli makanan kucing, terdapat keunggulan produk yang tertera di depan kemasannya. Hal ini tentunya untuk menspesifikasikan kebutuhan dan keunggulan apa yang bisa kamu berikan pada kucing kesayanganmu. Jika kamu ingin membuat bulunya terlihat sehat dan lebat, kamu bisa membeli makanan kucing berlabel shiny coat atau hair and skin care protection..Kucing dengan bulu yang bersih dan berkilau menjadi kesenangan tersendiri bagi siapa pun yang melihatnya.

Di samping itu, kamu juga bisa membeli makanan kucing yang memiliki taurin, kandungan yang berperan dalam mengurangi bau pada kotoran kucing. Ada banyak label keunggulan tersendiri di setiap produk makanan, pastikan kamu memberikan yang tepat untuk kucingmu.

6. Jangan Berikan Makanan dengan Kandungan Pengawet

Dilansir dari Suara.com, makanan kucing yang mengandung bahan pengawet seperti butylated hidroxyanisole (BHA), butylated hydroxytoluene (BHT), propil galat, dan propilen dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing dalam kurun waktu yang panjang. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi pada kucing kesayanganmu, bukan? Tetap perhatikan kandungan yang tertera pada kemasan. Seperti bagaimana respons kucing setelah makan makanan yang kamu berikan untuk melihat ada atau tidaknya alergi. Letakkan juga makanan yang tersedia di tempat yang sejuk dan tertutup untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga.

Itulah dia 6 tips mudah dalam memilih makanan kucing yang baik untuk kesehatannya. Jangan salah dalam memberikan makanan yang tepat untuknya dan jangan ragu untuk konsultasi ke dokter hewan sebelum memberikan makanan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.