Biantara Bahasa Sunda : Pengertian, Arti dan Contoh Biantara

Biantara Bahasa Sunda : Pengertian, Arti dan Contoh Biantara

Teman-teman, mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang biantara, bukan mungkin sih, namun memang banyak yang tidak tahu, akan tetapi orang Sunda pasti tahu apa yang dinamakan dengan Biantara.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas arti, pengertian dan contoh biantara bahasa Sunda. Untuk hal ini saya sengaja membahasnya karena memang seharusnya itu saya bahas, untuk kebutuhan informasi dan referensi teman-teman.

Meskipun ini tidak terlalu penting, tapi saya rasa, bagi sebagian orang sangat penting, apalagi para siswa yang berasal dari suku Sunda, tentu akan ada ajaran di sekolah tentang Biantara.

Itulah disini saya sengaja ignin membahasnya, bukan tanpa alasan tentunya, akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan kalian tentunya.

Arti Biantara

Sekaligus pengertian biantara, jika di artikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah pidato, sedangkan pidato merupakan komunikasi formal yang disampaikan kepada khalayak ramai, pidato berisi beberapa informasi yang sesuai dengan topiknya.

Jika dalam bahasa Sunda disebut dengan biantara, hal ini ternyata tidak semua orang tahu. Namun itu sih menurut saya wajar saja, karena biantara berasal dari bahasa Sunda, dan mungkin hanya orang Sunda saja yang mengetahuinya.

Tapi, berdasarkan yang sudah saya anilsis, tidak semua orang tahu apa yang dimaksud dengan biantara, dan itulah kenapa masyarakat seharusnya lebih mempelajari lagi. Tapi ya itu wajar juga, banyak orang yang tidak sekolah, sehingga mereka tidak mengetahuinya.

Cara Membuat Biantara

Sebaiknya, untuk membuat biantara perlu pemahaman yang baik, karena biantara yang diucapkan harus lebih memperhatikan kondisi, siapa yang akan kamu tuju? Apakah masyarakat umum? Atau orang-orang yang hanya ada dalam individu tertentu.

Dengan hal ini, kamu perlu memahami lagi perbahasan, dan agar biantara mudah dipahami, maka gunakanlah bahasa yang baik dan benar, serta format penulisan yang sesuai dengan seharusnya tertulis.

Untuk membuat biantara, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini, diantaranya:

  • Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami
  • Gunakan juga bahasa yang bervariasi, seperti kata kias seharusnya juga ditambahkan agar menambah kesan yang baik
  • Buatlah topik pada biantara yang akan kamu buat, misalnya tentang kebersihan
  • Jangan gunakan bahasa yang terlalu terbelit-belit, karena akan membuat pendengar susah memahaminya
  • Biantara yang bagus adalah biantara yang dibuat sesuai dengan tujuan dan topik yang akan dibicarakan
  • Kosakata bahasa Sunda harus terurai dengan benar, mudah dipahami, dan harus menjadikan sebuah biantara sebagai informasi dan motivasi untuk khalayak ramai

Meskipun yang saya sampaikan diatas tidak semuanya, namun sebaiknya itu adalah hal umum yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah biantara, dan itu benar-benar penting untuk kamu perhatikan dalam pembuatan biantara ya teman-teman.

Membaca Biantara

Topik Biantara

Tentu saja tidak beda dengan yang namanya pidato, biantara adalah pidato dan pidato adalah biantara, untuk membuat biantara atau pidato seharusnya teman-teman membuat topik yang sesuai.

Topik itu tema, apa yang akan teman-teman buat dan apa yang akan teman-teman sampaikan, itu adalah sesuatu yang sangat penting. Semua hal tentu harus ada topik didalamnya, bagaiaman jadinya kalau engak ada topik? Ribet ka.

Nah, untuk membuat biantara, pastikan kamu memikirkan dan memilih topik terlebih dahulu, misalnya tentang kesehatan, kebersihan, agama, politik, keluarga, dan banyak lagi topik umum yang biasa digunakan untuk membuat biantara.

Sesampai pada pembuatan, kamu juga harus memikirkan cara agar biantara yang nanti kamu buat lebih menarik dari biantara lainnya. Dengan biantara yang menarik, tentu teman-teman akan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari banyak orang, apalagi kalau sampai biantara nya memotivasi.

Baca : Contoh Menerjemahkan Bahasa Inggris yang Salah

Contoh Biantara Berbahasa Sunda

Silahkan teman-teman baca contoh biantara bahasa Sunda yang sudah dirangkum dari berbagai topik, meskipun tidak semuanya namun itu sudah menjadi contoh yang bagus untuk media referensi teman-teman tentunya.

Dalam contoh biantara bahasa Sunda tersebut ada beberapa topik yang sudah ditulis, seperti agama, kesehatan atau kebersihan. Kemudian juga teman-teman dapat dengan mudah mendpatkan informasi terbaru di sikalem.com yang berbagi informasi serta pengetahuan terkini dari berbagai topik, mulai dari pendidikan, lifestyle, hingga berita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *