Contoh Menerjemahkan Kalimat Bahasa Inggris yang Salah

Contoh Menerjemahkan Kalimat Bahasa Inggris yang Salah

Mempelajari Bahasa Inggris tidak akan pernah luput dari kegiatan menerjemahkan dari Bahasa Indonesia. Proses belajar ini, tidak jarang menjadi yang paling sulit. Ada banyak Bahasa Inggris yang salah sehingga menimbulkan makna yang tidak bisa ditangkap atau justru membuat artinya menjadi lain. Pada kegiatan menerjemahkan, pelajari dari sejumlah kesalahan, seperti pada contoh berikut ini.

Dilemma

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering mendengar kata “Dilemma”. Pada Bahasa Indonesia sendiri, artinya juga “Dilema”. Namun, masih banyak orang menerjemahkannya secara tidak tepat. Perhatikan contoh ini, “I am so dilemma. I do not know what to choose”. Kalimat tersebut bisa jadi benar atau salah. Ini tergantung dari maknanya. Arti kata “Dilemma” yang benar adalah bingung antara dua pilihan yang tidak disukai. Ingat, bukan yang disukai. Oleh sebab itu, jangan gunakan “Dilemma” untuk mengekspresikan kebingungan antara dua pilihan yang baik / bagus.

Chronic

Penggunaan Bahasa Inggris yang salah pada saat menerjemahkan juga terjadi pada kata “Chronic”. Kata ini mengindikasikan sebuah penyakit yang telah menjangkit untuk waktu yang lama. Kondisi ini tidak serta merta mengatakan bahwa penyakit itu adalah penyakit berat. Jika Anda ingin mengungkapkan penyakit yang akut atau berat, maka pakai kata “acute” atau “severe”. Harus diingat bahwa chronic” hanya untuk penyakit yang sudah lama diderita. Lihat contohnya, “She deals with her chronic sinus”.

Literally

Kata yang satu ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Pada kata “literary” mempunyai makna sebagai “secara harfiah”. Dengan demikian, digunakan untuk menjelaskan sesuatu atau memberikan penekanan bahwa pernyataan tersebut benar. Namun, anak-anak muda gaul yang menggunakannya secara salah, seperti “Literally, my heart is about to explode”. Pernyataan ini tentu tidak cocok dengan kata “literally”.
Itu dia sejumlah Bahasa Inggris yang salah ketika menerjemahkan.

Dapatkan pelajaran lebih intensif dengan metode menyenangkan di English First. Anda bisa memilih kelas online atau offline yang bisa disesuaikan dengan waktu. Dapatkan pengalaman belajar yang baik dan capai target untuk menguasai Bahasa Inggris. Anda juga dapat berkumpul bersama siswa lain dari seluruh dunia. Segera daftar di EF sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *