Kenali Apa Itu Reksadana Bagi Pemula Agar Tak Salah Memulainya

Kenali Apa Itu Reksadana Bagi Pemula Agar Tak Salah Memulainya

Memulai investasi di ranah digital sangat menguntungkan bagi generasi milenial termasuk mencoba berinvestasi reksadana. Akan tetapi sebelum memulai berinvestasi, kamu wajib mengenal pengertian, jenis maupun langkah yang tepat agar tak salah langkah ketika memulainya.

A. Apa itu Reksadana?

Reksadana diartikan sebagai wadah atau tempat yang mengumpulkan dana investasi dari masyarakat ( pemodal ) yang kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi yang terdiri dari komite serta pengelola investasi untuk mengelola investasi dana secara profesional.

Memulai investasi reksadana tak perlu memiliki keahlian khusus. Pasalnya jenis investasi ini hanya mengumpulkan dana investasi yang dialokasikan dalam bentuk jenis reksadana yang bisa dipilih nantinya.

Selain itu dalam melakukan investasi reksadana, masyarakat tak perlu memantau setiap harinya pertumbuhan pangsa pasar. Manajer investasi akan mengelola seluruh dana investasi secara aman dan terkendali untuk menjaga likuiditas serta pemeliharaan modal dana investasi.

B. Jenis Reksa Apa yang Cocok Untuk Saya?

Setelah mengenal lebih jauh tentang reksa ada kalanya untuk memilih jenis investasi reksa apa yang cocok untuk kamu pilih. Adapun sebelum memilih kamu perlu pertimbangkan ketiga hal ini dengan :

  • Mengecek legalitas perusahaan yang aman dan terpercaya untuk memulai investasi reksadana.
  • Memilih jenis reksadana sesuai kebutuhan dengan melihat jumlah dana yang akan dikeluarkan untuk jangka panjang atau jangka pendek.
  • Jangan tergiur dengan presentase fluktuatif perkembangan pasar saham.

Berikut jenis reksadana yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan diantaranya ialah :

Reksadana Saham

Pengertian reksadana saham adalah jenis reksa yang menghimpun dana untuk diinvestasikan minimum 80% dari jumlah modal. Resiko memilih jenis reksadana saham adalah kerugian yang mencapai tingkat 70% dengan memiliki potensi tingkat keuntungan yang paling tinggi diantara jenis reksa lainnya.

Reksadana Pasar Uang

Jenis reksadana yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki modal kecil dan tidak memiliki batas minimum investasi adalah Reksadana Pasar Uang.

Reksadana pasar uang melakukan investasi pasar dengan investasi jangka pendek karena memberikan dana tunai dalam waktu yang singkat, misalnya : melakukan deposit berjangka sebagai salah satu jenis investasi reksadana yang sangat aman.

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksa yang memadukan reksa dana pasar uang dan reksa dana saham. Reksadana pendapatan tetap memberikan tingkat pengembalian dengan menentukan penekanan pada stabilitas modal.

Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah jenis reksa yang menginvestasikan dana oleh manajer investasi dalam instrumen investasi seperti obligasi, saham maupun deposito. Jenis reksa ini memberikan hasil keuntungan menarik dengan tingkat resiko rendah dalam jangka waktu yang cukup panjang.

C. Bagaimana Langkah-Langkahnya?

Langkah yang harus dilakukan pemula untuk memulai berinvestasi di reksadana adalah :

  1. Pemula wajib menyisihkan sebagian uang untuk melakukan investasi dengan memilih jenis reksadana seperti yang telah diterangkan sebelumnya.
  2. Pemula wajib menentukan tujuan berinvestasi karena reksadana sifatnya sangat luas.
  3. Pemula wajib mengetahui cara kerja reksadana dengan cermat memilih instrumen terbaik untuk meminimalisir kerugian.
  4. Pemula wajib menggali lebih dalam informasi mengenai langkah lainnya sebelum memulai investasi seperti penggalan artikel ini : https://www.linkaja.id/artikel/7-langkah-mudah-belajar-reksadana-bagi-pemula

Sebagai pelengkap pemula wajib mengetahui bahwa reksadana bukanlah jenis investasi seperti trading. Alasannya ialah investasi reksadana layaknya seperti tabungan berjangka yang memberikan keuntungan maksimal tanpa memerlukan biaya komoditas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *