Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche? Ini Alasannya

Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche? Ini Alasannya

Niche bagi blogger merupakan kata yang sudah tidak lagi awam, lantas alasannya mengapa seorang blogger harus memiliki topik sesuai niche? Dan ternyata hal ini sangat penting untuk kamu pahami.

Teman-teman Blogger yang sudah tidak asing lagi dengan yang dinamakan “Niche Blog“, saya yakin tidak akan mengajukan pertanyaan demikian, namun dirasa masih banyak orang yang baru memulai menjadi blogger dan ingin mengetahui lebih dalam lagi.

Terkait hal tersebut, tentu saja ada alasan penting untuk memilih satu niche atau topik dalam membangun dan memposting artikel didalam sebuah blog.

Apa itu Niche Pada Blog?

Sebelum kita menjabarkan alasan memilih satu niche, lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari Niche pada sebuah blog, lantaran ini benar-benar penting sebelum kita mulai membangun dan menjadi blogger.

Niche pada blog adalah topik apa yang dibahas dalam satu blog, setiap konten yang diterbitkan dalam blog sesuai dengan topik atau niche yang dipilih.

Misalnya, seseorang memilih niche tentang Kesehatan, maka setiap konten yang ia tulis dalam blognya seputar kesehatan, dan tidak keluar dari topik.

Jenis niche setiap blog berbeda-beda, namun sayangnya memilih satu niche sangat sulit dari persaingan, sehingga kebanyakan blogger lebih memilih membangun blog gado-gado atau tanpa topik tertentu.

Untuk melihat contoh beberapa blog yang fokus terhadap satu niche, kita lihat saja blog kesehatan, seperti alodokter, dimana semua kontennya tentang kesehatan.

Mereka tidak keluar dari topik yang dibahas, dan itulah yang dinamakan dengan niche blog.

Blogger di Indonesia kebanyakan lebih memilih tidak fokus terhadap niche atau topik tertentu, didasari dari persaingan yang luar biasa di mesin pencari, karena ngeblog tidak semudah yang dibayangkan.

Saya sendiri tidak pernah memiliki blog yang fikus terhadap satu topik pembahasan, bukannya enggak mau tapi saya enggan dengan alasan yang lagi-lagi saya sebutkan diatas, yaitu persaingan.

Mulai Niche Blog
Mulai Niche Blog

Lantas, apa alasannya mengapa seorang blogger harus memiliki topik sesuai niche? Nah untuk alasan ini coba kita lihat dibawah ini, sesuai tujuannya masing-masing mendirikan blog dengan membahas satu niche atau satu topik saja.

Baca juga: Review Adsterra VS Galaksion

Mengapa Seorang Blogger Harus Memiliki Topik Sesuai Niche

Dengan memiliki topik sesuai niche, maka kita lebih fikus terhadap niche yang sudah kita pilih, sehingga mengelola dan mengupdate blog pun lebih konsisten dan tentunya menjadi blogger yang hebat.

Memiliki satu topik sesuai niche bisa meningkatkan kualitas kamu dalam mengelola dan menerbitkan konten setiap postingan yang akan kamu buat.

Satu topik yang dibahas dalam blog juga akan memudahkan orang-orang kembali ke blog kamu, kalau gado-gado enggak akan kembali, tapi kalau mereka tahu kamu membahas satu topik, maka mereka akan terus mengingat blog kamu, sehingga kamu akan terkenal.

Adapun alasan yang mendorong blogger harus memilih satu niche, yaitu lebih mudah mengelola blog ketimbang blog gado-gado.

Apa yang kita bahas nantinya lebih baik dan lebih nyambung dari niche yang sudah kita pilih, dan jangan pernah keluar dari topik yang sudah kita pilih dalam membangun suatu blog.

Cuan juga lebih menggoda. Berdasarkan riset yang saya lakukan, blog yang membahas satu niche ketika didaftarkan ke Google Adsense, maka penghasilan sangat tinggi daripada blog gado-gado.

Meskipun blog niche tergolong memiliki traffic yang rendah daripada blog gado-gado, akan tetapi blog niche lebih mahal harga iklannya dibandingkan dengan blog gado.

Kenapa lebih mahal? Karena kita fokus membahas satu topik, dan iklan pun lebih nyambung daripada blog gado yang tidak dapat menjelaskan iklan mana yang baik dan nyambung dari blog gado.

Bayaran hasil klik yang didapatkan dari blog niche juga sangat tinggi, bahkan sampai puluhan ribu per klik, sementara blog gado lebih rendah, saya sendiri hanya mendapatkan bayaran per klik dibawah Rp. 300.

Saya tidak masalah, karena memang itu kesalahan saya sendiri. Blog gado lebih fokus terhadap traffic, sementara blog niche lebih fokus terhadap bayaran iklan per kliknya.

Inilah yang menjadikan beberapa blogger kebingungan, lantaran membangun sebuah blog gado (menurut saya sendiri) lebih mudah daripada blog niche.

Blog
Blog

Baca juga: Menghasilkan $1000 Per Bulan Dari Intellifluence

Membangun Blog Niche atau Gado-gado?

Setelah kita tahu alasannya, mengapa seorang blogger harus memiliki topik sesuai niche yang sudah saya jelaskan diatas, tentu sekarang tinggal kamu memilih.

Jikalau kamu seseorang yang baru saja terjun ke dunia blogger, lebih baik memilih blog niche, karena kamu lebih fokus terhadap konten yang kamu bahas.

Kalau kamu memilih blog gado, nanti akan lebih rumit, karena blog gado lebih mementingkan traffic untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Sementara itu, blog niche traffic rendah pun bisa lebih mendapatkan penghasilan yang tinggi ketimbang dengan blog gado-gado.

Memilih niche blog juga harus sesuai dengan kemampuan kamu. Contohnya kalau kamu menguasai dan memiliki hobi, misalnya di bidang olahraga (tentang volly), cobalah kamu membangun blog niche olahraga tentang voli.

Semua konten yang kamu bahas fokus terhadap voli, dan tidak keluar dari topik tersebut, percayalah kamu akan mendapatkan keberuntungan yang luar biasa.

Kesimpulan

Sebenarnya saya sendiri kurang baik dalam mengelola blog, hal ini dapat dilihat dari niche yang saya pilih, dan saya enggak pernah memiliki blog yang fokus terhadap satu topik saja, ini membuat saya sulit soalnya saya lebih mudah mengelola blog niche.

Sementara kamu sendiri, apakah lebih memilih niche yang membahas satu topik, atau blog gado-gado? Demikian alasan mengapa seorang blogger harus memiliki topik sesuai niche yang sudah saya jabarkan diatas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *