Murahnya Kabar Hoaks di Media Sosial

Murahnya Kabar Hoaks di Media Sosial

Angka kabar “HOAKS” di Indonesia masih tinggi sekali, setiap ada kejadian-kejadian yang viral dan trending hingga menjadi kabar hangat, disitulah akan muncul kabar hoaks yang sangat meresahkan masyarakat.

Dalam beberapa pekan terakhir, kita sebut saja ada kejadian tak terduga dari kabel fiber optik bawah laut yang terputus hingga menyebabkan akses internet down untuk provider Telkomsel dan indihome.

Dalam beberapa hari belakangan ini kabar tersebut menjadi trending, terutama di kalangan media berita dan kalangan sosial media.

Memang terjadi down internet untuk provider tersebut, namun benar dari kabar yang menyebar luas ini terjadi didalamnya kabar “HOAKS” yang sengaja dibuat-buat, entah apa tujuan mereka membuat kabar bohong yang meresahkan tersebut.

Dari terputusnya kabel fiber bawah laut, jaringan Telkomsel yang down, sekaligus ada dua kabar yang benar-benar meresahkan dan kabar tersebut ternyata hoaks atau bohong setelah saya telusuri.

Terputusnya Kabel Akibat Digigit Ikan Hiu

Kabar hoaks yang pertama dari terputusnya kabel Telkom yang menyebabkan internet down, kabar beredar bahwa kabel yang putus di akibatkan oleh gigitan ikan hiu.

Namun ternyata, setelah saya mencari tahu di media online, kabar yang menyertai hal ini ternyata hoaks alias tidak benar.

Faktanya, foto yang diunggah yang menampilkan gambar ikan hiu menggigit kabel bukanlah kejadian yang sekarang, melainkan kejadian itu terjadi pada tahun 2014 pada kabel optik Google.

Namun, seseorang menyebarkan kembali foto tersebut dengan mencantumkan bahwa ikan hiu ini adalah masalah yang menyebabkan kabel internet terputus.

Internet Mati Tanggal 24 – 30 September

Masih dari Telkom yang menjadi trending topik, kabar hoaks yang kedua adalah akses internet akan mati pada tanggal 24 sampai dengan 30 bulan September 2021, kabar ini sudah sudah banyak menyebar di media sosial, dan yang paling banyak disebar karena sangat meresahkan.

Setelah saya kembali menelusurinya, saya mendapatkan kebenaran bahwa kabar ini tidak benar. Terkait internet akan mati di tanggal tersebut hanya hoaks semata.

Dari hasil penelusuran yang saya lakukan, Kominfo menjelaskan bahwa tanggal tersebut internet tidak akan mati, memang akan mengalami perbaikan kabel yang putus, namun tidak akan mematikan internet.

Hanya saja “Kemungkinan besar” kualitas jaringan akan sedikit berkurang, tapi tetap berjalan sesuai dengan apa yang terjadi.

Maka, tanggal 24-30 september tidak akan terjadi kematian internet untuk beberapa hari.

Kominfo juga menjelaskan bahwa kabar ini yang paling buruk, beredarnya kabar haoks terkait internet akan mati sangat membuat masyarakat resah, sehingga di cap kabar hoaks yang paling sensitif.

Jadi teman-teman yang pernah mendengar bahwa internet akan terputus untuk beberapa hari ternyata itu tidak benar, dan sudah di klasifikasi oleh Kominfo, silakan teman-teman cari tahu dan ikuti beritanya untuk membenarkan kabar ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *