Pelajari Perhitungan DP dan Cicilan Mobil Baru Sebelum Beli

Pelajari Perhitungan DP dan Cicilan Mobil Baru Sebelum Beli

Membeli mobil baru secara kredit memerlukan perhitungan yang matang agar anggaran yang dikeluarkan sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Mulai dari membayar DP hingga cicilan mobil baru per bulannya.

Jika Anda tertarik untuk mencicil mobil, mari simak penjelasan berikut seputar perhitungan DP dan cicilan mobil sebelum Anda membeli.

Perhitungan DP dan Cicilan Mobil Baru

Sekarang Anda akan mempelajari perhitungan DP dan cicilan mobil sebelum membelinya untuk menetapkan anggaran yang sesuai. Yuk simak beberapa perhitungan berikut:

1. Tentukan DP yang Diinginkan

Setiap mobil memang memiliki harga yang berbeda-beda, tetapi biasanya DP nya hampir sama yaitu sekitar 25% hingga 30%. Anda bisa menyesuaikan DP dengan anggaran yang telah Anda siapkan. Contohnya seperti berikut:

Harga mobil Y adalah Rpp200.000.000 jika DP nya 30% maka jumlah DP nya adalah Rp60.000.000

2. Hitung Jumlah Pokok Kredit

Setelah mengetahui perhitungan dari uang DP yang akan di bayarkan, maka selanjutnya Anda bisa memperhitungkan jumlah pokok kreditnya. Perhitungannya adalah harga mobil dikurangi jumlah DP yang dibayarkan. Contohnya seperti berikut:

Harga mobil Y adalah Rp200.000.000 lalu dikurangi DP Rp60.000.000 jadi total pokok kreditnya adalah Rp140.000.000.

3. Hitung Tarif Bunga

Saat melakukan cicilan mobil baru, tentunya akan ada bunga yang dibayarkan. Oleh karena itu perhitungan tarif bunga ini juga penting dan sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengalikan pokok kredit dengan taris bunga beserta tenor yang telah disepakati sebelumnya. Contohnya seperti berikut :

Suku bunga sebesar 8%, masa tenor 3 tahun, maka taris bunganya Rp140.000.000 x 8% x 3 tahun maka menemukan hasil Rp33.600.000

4. Hitung Cicilan Per bulan

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, maka Anda bisa mencari tahun jumlah cicilan yang akan dibayarkan per bulannya. Cara menghitungnya adalah menambahkan pokok kredit dan tarif bunga lalu dibagi masa tenor. Contohnya seperti berikut:

Pokok kredit Rp140.000.000 ditambah bunga Rp33.600 lalu dibagi masa tenor yaitu 36 bulan, maka cicilan per bulannya adalah Rp4822.222.

5. Biaya Asuransi dan Administrasi

Selain beberapa perhitungan di atas, Anda perlu memperhitungkan biaya asusansi dan administrasi kendaraan. Besarannya memang belum pasti, tapi Anda bisa melakukan perhitungan untuk memperkirakannya. Contohnya seperti berikut.

Mobil Y memiliki tarif administrasi 3 tahun senilai Rp2.500.000 dan asuransi sebesar 9.5% atau setara dengan Rp19.000.000. Maka total pembiayaan awal mobil Y adalah uang muka + tarif administrasi + cicilan bulan pertama + biaya administrasi maka diperoleh biaya sebesar Rp86.000.000.

Layanan Cicilan Mobil di SEVA

SEVA hadir untuk melayani konsumen dalam pembelian mobil dan merencanakan pembiayaan kendaraan sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan menggunakan SEVA skema pembayaran akan jelas dari awal. Selain itu SEVA, dengan melakukan cicilan mobil di SEVA ada beberapa keuntungan yang bisa didapat.

Pertama memiliki mobil secara langsung, setelah semua proses pembayaran DP dan perhitungan cicilan mobil per bulannya, maka Anda bisa membawa pulang mobil. Jadi Anda yang memiliki budget minim tidak perlu khawatir.

Kedua, pembelian menjadi lebih ringan, karena cicilan per bulannya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Ketiga, dilengkapi asuransi, biaya asuransi ini akan dibayarkan di muka bersama dengan DP dan biaya administrasi.

Itulah beberapa perhitungan DP dan cicilan mobil baru yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil. Caranya cukup ribet bukan? Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda membeli mobil di SEVA terdapat fitur loan calculator yang bisa membantu Anda dalam segala perhitungan. Jadi tunggu apalagi, yuk selalu gunakan SEVA.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *