Rata-rata Penghasilan Blogger Indonesia Per Bulan

Rata-rata Penghasilan Blogger Indonesia Per Bulan

Jikalau teman-teman bertanya, apakah blogger mendapatkan penghasilan? Lantas berapa rata-rata penghasilan blogger Indonesia dalam satu bulan? Serta bagaimana cara blogger Indonesia mendapatkan penghasilan atau gaji dari hasil karyanya dalam menulis artikel melalui media blogger?

Sekaligus 3 pertanyaan akan saya jabarkan secara keseluruhan, agar kamu tahu dan yakin bahwa blogger bukan hanya sebuah hobi semata, melainkan juga bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bahkan tanpa perlu bekerja pun bisa mendapatkan penghasilan per bulan dari blogger.

Dan kalau kamu mau tahu berapa rata-rata penghasilan blogger Indonesia setiap bulannya, silakan simak yang sudah saya rangkum disini ya.

Menjadi Blogger Itu Tidak Mudah

Banyak orang yang berfikir “mungkin” bahwa menjadi blogger itu mudah, cukup dengan menulis artikel dan memenuhi konten dalam web blog yang dimiliki. Namun faktanya, saya tepis bahwa menjadi blogger sangat sulit.

Kenapa sulit? Kalau di pikir kembali, kita bandingkan dengan menulis berita, jelas cara menulis artikel di blog dan berita itu tidak sama, menulis artikel di blog jauh lebih sulit “jika” artikel yang sudah kita muat di web blog ingin masuk ke dalam pencarian pertama mesin pencari Google.

Sehingga, jika kamu berfikir bahwa menjadi blogger itu mudah sangat salah. Tak cuma itu saja, banyak sekali hal-hal yang harus dipelajari dan dipahami sebagai seorang blogger. Tapi “Tidak berlaku bagi personal blog yang hobi menulisnya tentang diary pribadi atau review”.

Sementara itu, rata-rata penghasilan blogger Indonesia tergantung dari jenis blog yang dimiliki sepenuhnya. Karena disini kita membahas yang mudah saja, yaitu penghasilan dari blogger untuk iklan, makanya artikel ini sekaligus menjabarkan bahwa seorang blogger harus berusaha semaksimal mungkin.

Kembali pada pekerjaan yang sangat sulit. Dalam hal menulis saja, kita harus paham kaidah penulisan SEO (Search Engine Optimizer), atau dalam rancangan bahasa Indonesia pengoptimalan untuk mesin pencari.

Dalam menulis itu juga kita harus paham bagaimana cara menambahkan keyword, bagaimana cara mengetahui keyword yang banyak volume pencarian, membandingkan juga dengan persaingan, dan masih banyak lagi.

Oke, singkat saja, apakah kamu bisa mencari jarum di dalam jerami? Sangat sulit bukan, itu juga yang dirasakan oleh blogger, bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Pekerjaan blogger tidak hanya menulis saja, melainkan banyak yang harus mereka kerjakan, tak hanya mementingkan kinerja artikel saja, tapi kualitas web blog juga harus benar-benar bagus, dan ya masih banyak lagi hal-hal yang harus dipelajari kalau mau jadi blogger, keculai blog pribadi yang cukup dengan menggunakan blogspot dan menulis alakadarnya.

Kita tutup topik ini, karena kalau dijabarkan lebih lengkap, mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama, hal ini dikarenakan banyaknya hal-hal yang harus dipelajari dari seorang blogger.

Baca juga: Mengapa Blogger Harus Memilih Niche Sesuai Topik?

Apakah Blogger Memiliki Penghasilan?

Apakah Blogger Memiliki Penghasilan?
Gambar milik orang

Oke baik, kita mulai pada pertanyaan pertama sebelum kita masuk ke pertanyaan inti terkait rata-rata penghasilan blogger Indonesia.

Apakah blogger memiliki penghasilan? Jelas, sangat memiliki, bahkan kalau memang sudah berhasil menjadi blogger yang 100% memahami semua tentang blog, bisa saja menghasilkan lebih dari 100 juta dalam kurun waktu satu bulan saja, ini fakta dan sudah banyak yang berhasil, tapi bukan saya tentunya.

Ada beberapa macam blogger dalam menghasilkan uang dari pekerjaannya tersebut, dan macam-macam penghasilan dari seorang blog dapat kamu lihat berikut ini.

Iklan

Penghasilan blogger yang paling utama adalah dari iklan, mungkin sebagian orang tahu dengan situs Google Adsense, yaitu salah satu sumber penghasilan Blogger dan YouTubers.

Sebelum YouTube menjadi pekerjaan, blogger jauh lebih dulu berpenghasilan utama dari Google Adsense, namun orang-orang lebih banyak tahu ketika Google Adsense menjadi penghasilan para Youtuber.

Dari Google Adsense saja, rata-rata penghasilan blogger Indonesia bisa menghasilan hingga puluhan juta per bulannya, jika dia sudah sukses dan berhasil. Namun syarat mendaftarkan blog ke Google Adsense tentu tidak mudah, kalau YouTube cukup jam tayang dan subscribe saja, tapi untuk blogger lebih sulit.

Kualitas konten, jenis blog, domain blog, tampilan blog, halaman-halaman, menu navigasi, dan masih banyak lagi yang harus diperhatikan untuk mengajukan blog ke Google Adsense.

Selain dari iklan Google Adsense, sumber penghasilan blog dari iklan juga sangat banyak, karena tak hanya adsense saja situs periklanan yang menjadi sumber penghasilan blog, selain itu ada banyak sekali seperti MGID, Propellerads, Adsterra, Galaksion, AdNow, dan ratusan situs lainnya.

Daripada adsense, kadang alternatifnya jauh lebih baik, bukan itu saja tapi juga mudah untuk mendaftarkan blognya ke situs periklanan tersebut, terutama Adsterra.

Kontes Blog

Lalu, contohnya Mas Amir, Mba Rini, atau Bang Joe yang sudah berhasil meraup keuntungan jutaan rupiah dari lomba blog, bahkan mereka bisa saja menjadi juara hingga beberapa kali dalam satu bulan.

Tentu untuk menjadi juara dari kontes blog sangat sulit, apalagi kita harus mendirikan artikel yang benar-benar menarik para dewan juri. Saya sendiri pernah beberapa kali menjadi juara, tapi hanya “Runer Up” tidak pernah juara.

Perusahaan yang memberikan kesempatan bagi blogger biasanya mereka akan mengadakan kontes blog, bahkan setiap bulan pun banyak sekali yang mengadakan kontes lho!, silakan kamu lihat di blog Mas Amir yang selalu update memberikan informasi lomba blog.

Hadiah yang diberikan tergolong besar, bahkan hingga puluhan juga untuk beberapa pemenang, namun pemenang utama biasanya hanya ada 3 orang, tapi diikuti dengan juara harapan yang bisa mencapai hingga 10 orang, bahkan ada yang memberikan kesempatan bagi puluhan blogger untuk menjadi pemenang.

Umumnya, juara kontes blog adalah:

  • Juara pertama: Rp. 1.500.000 s/d Rp. 10.000.000 (bahkan motor hadiahnya)
  • Juara kedua: Rp. 1.000.000 s/d Rp. 3.000.000
  • Juara ketiga: Rp. 700.000 s/d Rp. 1.500.000
  • Juara harapan untuk beberapa orang sekaligus: Rp. 100.000 s/d Rp. 500.000

Itu adalah rata-rata hadiah dari juara kontes blog, tapi kadang lebih dari itu untuk berbagai juara, tergantung perusahaan memberikan kesempatan pada blogger untuk mendapatkan hadiahnya.

Rata-rata penghasilan blogger Indonesia dari kontes saja sebenarnya sudah sangat cukup untuk kebutuhan tersendiri.

Content Placement

Sumber utama penghasilan blogger yang kedua adalah Content Placement, sama-sama masih tergolong kedalam iklan, tapi tentu beda media dan beda pengertiannya.

Rata-rata penghasilan blogger Indonesia dari content placement tergolong sangat bervariatf.

Untuk mendapatkan Content Placement ini seorang blogger harus memperhatikan kualitas daripada web blog yang ia miliki, harus memperhatikan isi konten, domain autorithy, page autorithy, alexa rank, Moz rank, score domain, dan masih banyak lagi yang harus diperhatikan.

Tapi kadang tidak seperti itu juga masih bisa mendapatkan Content Placement, terutama blogger-blogger personal yang isinya membahas review, diary, dan lain sebagainya.

Harga yang didapatkan dari Content Placement juga tergolong lebih baik, tapi juga bervariasi, ada harga yang lebih murah dan ada harga yang bahkan bisa jutaan rupiah sekali Placement konten.

Content Placement sendiri merupakan cara perusahaan mempromosikan situs web mereka, dengan menanam link di situs seorang blogger, biasanya mereka menyuruh blogger menulis artikel sesuai dengan topik yang diberikan oleh peruashaan.

Kamu dapat mencari tahu lebih lanjut tentang Content Placement melalui Google ya teman-teman.

Lalu, untuk penghasilan dari Content Placement, dengan harga rata-rata 150.000-300.000 (untuk pengiklan Indonesia), kalau luar negeri biasanya lebih mahal lagi.

Jika dalam satu bulan kita berhasil mendapatkan jasa Placement 5 kali saja, dikali 150.000 paling rendah, berarti dari Content Placement penghasilan kita mencapai Rp. 750.000, ditambah dengan adsense.

Topik ini kita tutup dulu, untuk mendapatkan informasi secara keseluruhan berapa rata-rata penghasilan blogger Indonesia dalam satu bulan, sudah saya siapkan dibawah ini.

Baca juga: Menghasilkan $1000 per bulan dari Intellifluence

Rata-rata Penghasilan Blogger Indonesia Setiap Bulan

Rata-rata Penghasilan Blogger Indonesia Setiap Bulan
Rata-rata Penghasilan Blogger Indonesia Setiap Bulan, Gambar milik orang

Kita sudah membahas bagaimana cara seorang blogger mendapatkan uangnya dari hasil pekerjaan yang sudah ia lakukan, dan kita disini mulai membahas topik utama yakni rata-rata penghasilan blogger Indonesia setiap bulannya.

Berikut tabel rata-rata penghasilan blogger Indonesia per bulan dari iklan dan content placement, karena memang ini dua jenis penghasilan yang masih eksis hingga saat ini.

Jenis Penghasilan Keterangan Pendapatan
Google Adsense 200.000 pv/bulan x 3% = 6.000 klik
6.000 klik x CPC 300
Rp. 1.800.000
Content Placement 3 per bulan x 200.000 Rp. 600.000
Kontes Blog 2 kali juara Rp. 3.000.000
Total Rp. 5.400.000

Total penghasilan blogger untuk 3 jenis simber pendapatan adalah Rp. 5.400.000; per bulan. Tapi, jumlah tersebut tidak fix, karena setiap blogger memiliki rata-rata penghasilan yang berbeda, tergangung kesuksesan blognya.

Sedangkan dari Google adsense saja, rata-rata penghasilan blogger Indonesia bisa berpenghasilan mulai dari Rp. 2.000.000 s/d Rp. 20.000.000 per bulan, bisa lebih juga lho!

Sementara untuk dua jenis pendapatan, Google Adsense + Content Placement adalah Rp. 2.400.000; ini paling rendah, karena banyak juga yang lebih tinggi dari hasil rata-rata tertulis.

Bagaimana teman-teman? Apakah kamu yakin akan menjadi seorang blogger setelah melihat statistik penghasilan rata-rata blogger Indonesia dalam sebulannya? Jelas ini adalah penghasilan yang luar biasa, tapi ingat! bahwa untuk mendapatkan penghasilan seperti yang tertulis diatas, tidak mudah, harus bekerja keras agar bisa seperti itu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *