Review Adsterra VS Galaksion, Iklan CPM Manakah yang Terbaik?

Review Adsterra VS Galaksion, Iklan CPM Manakah yang Terbaik?

Hai teman-teman, seperti yang sudah saya janjikan pada tweet di @nurdinsikalem beberapa hari yang lalu bahwa saya akan mengulas dua jenis iklan CPM yaitu Adsterra dan Galaksion. Kedua iklan ini sekarang banyak di perbincangkan oleh kalangan blogger karena katanya keduanya berpenghasilan sangat menjanjikan. Apakah benar demikian?

Maka dari itu, saya harap teman-teman bisa menggunakan iklan yang terbaik agar penghasilan kalian stabil setiap bulannya menjadi Publisher (Penerbit) di internet.

Alasan saya mengulas dan membandingkan kedua iklan jenis CPM ini karena seperti yang saya katakan bahwa banyak blogger mengatakan kedua iklan ini sebagai pilihan terbaik. Benar atau tidaknya, saya akan menjawab disini sesuai dengan pengalaman saya menggunakan kedua iklan yang sebelumnya sudah saya katakan.

Apa itu Iklan CPM?

Kalau di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia CPM adalah BPS. Sedangkan singkatan CPM yaitu Cost Per Million, dan singkatan BPS Bayaran/Biaya Per Seribu (Tayangan). Yang berarti CPM atau BPS adalah bayaran pengiklan dalam 1000 tayangan disetiap iklan yang muncul pada konten blog kita.

Jelas berbeda dengan iklan CPC atau BPK, jika CPC adalah bayaran per klik, yang artinya setiap klik iklan akan dibayar oleh oleh pengiklan. Besaran biaya dari masing-masing kedua jenis iklan tergantung dari beberapa faktor.

Untuk menghasilkan lebih tinggi, justru yang kita lakukan adalah pengunjung di blog yang kita miliki, pengunjung minimal 5000 saja kita sudah bisa menghasilkan mulai dari 5-10 dollar, bahkan ada yang lebih. Besaran tinggi bayaran per seribu maupun per klik tergantung dari kualitas konten, jenis iklan, topik blog, negara, dan masih banyak lagi faktor-faktor tersebut.

Sudah banyak blogger yang memanfaatkan kedua jenis iklan ini, yakni CPM dan CPC, kalau CPC lebih menguntungkan jika kita menggunakan iklan Google Adsense, dan iklan tersebut yang paling populer dikalangan blogger tanah air dan blogger mancanegara tentunya, karena hasil yang jauh lebih menjanjikan.

Tapi faktanya, iklan Adsense pun masih bisa dikalahkan dengan kedua iklan CPM yang sedang kita bahas disini, yaitu Adsterra dan Galaksion. Dan kedua iklan ini sudah saya pakai selama beberapa hari untuk melihat kualitas dari keduanya, dan sekarang sudah saya simpulkan dari pemasangan dalam beberapa hari kebelakang.

Adsterra VS Galaksion, Manakah Iklan yang Terbaik?

Sebenarnya selain kedua iklan ini masih banyak iklan-iklan CPM yang banyak di perbincangkan oleh Blogger-Blogger tanah air, dan mereka juga sudah mengulas serta merekomendasikan iklan tersebut. Dari ulasan yang banyak bertebaran di internet, mereka memberikan ulasan yang sangat bagus, hasil dari penerbit mereka diatas rata-rata, bahkan ada yang mencapai 100 lebih dollar hanya dalam sehari saja.

Tentu saja ini membuat penerbit awam seperti saya ini terpikat untuk memasang iklan yang sudah di review. Dari banyaknya jenis ilkan CPM, yang sekarang ramai dibahas adalah Adsterra dan Galaksion.

Adsterra – CPM Tinggi, Tapi…

Adsterra

Kurang lebih 15 hari saya memasang iklan Adsterra di salah satu blog andalan saya, dan alhasil saya berhasil mendapatkan pundu-pundi dollar sebesar 146 dollar (hanya dalam waktu 15 hari saja).

Biaya yang diberikan oleh Adsterra cenderung sangat mahal, makanya banyak publisher-publisher yang menggunakan Adsterra ini menjadi salah satu alternatif Google Adsense, bahkan hasil yang diberikan bisa melebihi iklan Adsense loh teman-teman.

Jenis Iklan Adsterra

  • Iklan banner berbagai pilihan, mulai dari ukuran 250×250 hingga ukuran tertinggi
  • Iklan Interistall yang bernama Social_Bar (bayaran per seribu jauh lebih besar)
  • Iklan popup banner
  • Iklan Native (seperti relaled artikel)
  • Direct link
  • dan Iklan one klik

Kalau teman-teman bersedia memasang dan menggunakan iklan Adsterra di blog masing-masing, cukup mudah tinggal mendaftar saja melalui link ini.

Kelebihan Adsterra

Adsterra memiliki kelebihan yang sangat menjanjikan, hal ini berdasarkan pengalaman saya pribadi menggunakannya selama kurang lebih 15 hari seperti yang sudah saya katakan, selama itu saya mendapatkan nilai dollar mencapai angka 146, sangat menjanjikan bukan?

Setelah saya mencopot iklan, lalu saya melihat Dashboard, iklan sudah saya cabut dari blog, ketika melihatnya saya sangat kaget. Mau tahu kenapa? Biaya CPM sangat besar, bahkan diatas rata-rata. Kemarin saya sempat melihat CPM mencapai 300 lebih dollar, silakan teman-teman lihat screenshoot berikut ini:

CPM Adsterra
CPM Adsterra setelah saya copot iklan malah makin naik
  • Biaya iklan per seribu cenderung sangat tinggi, mencapai ratusan dollar
  • Pendaftaran mudah, hanya dalam waktu beberapa jam saja langsung diterima
  • Tidak perlu traffic minimal
  • Jenis iklan Banner ramah pengunjung, tidak menganggu, keculai jenis ilkan Interistall
  • Tapi, jenis iklan interistall adalah iklan yang paling bagus, karena CPM mencapai ratusan dollar
  • Pendapatan harian stabil mulai dar 10 dollar dengan impressi hanya 2000-an saja, karena memang CPM sangat stabil
  • Pengiklan banyak dari Indonesia seperti Lazada
  • Bisa dipasang bersamaan dengan Adsense

Kekurangan CPM Adsterra

Selepas dari kelebihan yang sangat menjanjikan, ternyata ada kekurangan tersendiri dari CPM Adsterra ini, kekurangan ini seperti yang sudah saya rasakan.

Salah satu kekurangan CPM Adsterra yang membuat saya kesal, ternyata iklan ini berpengaruh terhadap SEO, mungkin hanya sebuah kebetulan saja, namun saya sangat menyangkan jenis iklan interistall membuat SEO saya menjadi buruk.

Jadi begini, pada saat saya sebelum memasang dan menggunakan jaringan iklan Adsterra, artikel saya cenderung diatas ranking 5 di Google Search, dan 70% saya mendapatkan kartu rich (cuplikan dari konten yang berkualitas sebagai bonus dari Google).

Namun, dalam waktu seminggu saya memasang Adsterra, saya sangat heran dengan artikel saya yang 100% turun rank, bahkan ada yang mengalami deindex. Saya heran, mungkin memang ini sebuah kebetulan saja, tapi benar-benar membuat saya kesal dengan kejadian yang memilukan.

Ketika saya mengecek semua keyword di Google, saya menemukan adanya kejanggalan pada saat saya memasang iklan tersebut selama 1 minggu. Cuplikan dari artikel sebagai bonus dari Google yang bernama “Rich Card” ini semuanya hilang, dan semua artikel turun rank, bahkan ada yang mencapai ke halaman 2 sampai 5, hingga mengalami deindex.

Saya tidak paham, tapi setelah saya sadar, ternyata saya memasang iklan interistall dari Adsterra tersebut. Dan benar bahwa iklan jenis interistall ini sangat berpengaruh terhadap SEO, kenapa demikian? Karena menganggu kenyamanan pengunjung, apalagi iklan yang tampil menutup konten sepenuhnya (mode mobile/ponsel).

Tidak semua jenis iklan Adsterra berpengaruh terhadap SEO, hanya saja iklan yang jenis interistall saja karena menutup konten dan menganggu visitor, terlebih lagi iklan memuat konten yang buruk, iklan yang tampil akan muncul seperti HP pengunjung terserang virus, padahal cuma iklan saja.

Tak hanya itu saja, iklan yang tampil juga banyak tentang koten dewasa, untuk memastikan agar konten tidak ada iklan yang negatif, hapus semua centang pada saat kamu membuat kode iklan yang baru. Seperti erotic Ads, sound ads, dan lainnya, jangan dicentang satupun agar yang tampil hanya iklan positif saja.

Tips Aman Dari SEO Menggunakan Adsterra

Pada kelemahan diatas, sangat buruk bagi SEO, meskipun kelebihan menjanjikan karena penghasil stabil, bahkan tayangan perseribu mencapai ratusan dollar, ini bukan hoaks tapi memang fakta sesuai pengalaman saya selama menggunakan iklan dari Adsterra disalah satu blog andalan.

Jika teman-teman mau aman menggunakan iklan ini ingat “Jangan memasang jenis iklan interistall” kalau di Adsterra namanya “Social_Bar“. Cukup memasang iklan banner atau native saja, karena iklan seperti ini ramah pengunjung dan tidak menganggu, konten tetap terlihat, tidak terhalang oleh iklan, iklan apapun sebaiknya tidak menggunakan jenis ilkan interistall.

Galaksion – Iklan yang Bagus, tapi…

Galaksion
Galaksion

Setelah saya memasang iklan Adsterra, dan benar bahwa iklan tersebut menjanjikan penghasil tinggi bagi para publisher. Lalu saya mencopotnya karena beberapa hal, seperti kekurangan yang sangat tidak saya sukai diatas. Saya pun kembali memasang iklan yang lainnya yaitu Galaksion.

Awalnya, saya mencoba iklan Galaksion karena melihat postingan Mas Andreas di SEO Satu, beliau mengulas iklan ini dan benar sangat menjanjikan. Kalau mau melihat artikel ulasannya, silakan teman-teman cek di Review Galaksion yang telah ditulis oleh mas Andreas di blognya itu.

Sayapun kesandung dan sangat tergoda untuk memasangnya, karena benar bahwa pada ulasannya mas Andreas penghasilannya bahkan melebihi iklan Adsense, benar loh ini, mencapai puluhan dollar hanya dalam sehari saja, bayangkan saya kalau selama satu bulan?

Akhirnya sayapun mendaftar dan memasang iklan tersebut, untuk blog diterima, sebaiknya tunggu maksimal 3 hari, tapi untuk lebih cepat bisa langsung menghubungi tim support, saya pun melakukannya. Baru juga email di balas, domain sudah di Apporove.

Lalu saya meminta jenis iklan banner, dan dia meminta page view dalam 7 hari terkahir, saya pun memberikan screenshoot dari Google analitik. Mereka menerimanya dan memberikan saya kode iklan banner, lalu dipasang blog andalan tersebut untuk melihat apakah iklan ini lebih baik dari Adsterra?

Ternyata, iklan Galaksion tidak buruk dan tidak juga lebih baik dari Adsterra, CPM stabil di angka minimal 0.3 dollar, dan bisa mencapai sampai 1-5 dollar kalau kamu memasang iklan yang terbaik. Menurut Mas Andreas, iklan terbaik adalah iklan banner, makanya saya memasang jenis iklan tersebut.

Yang kurang saya sukai, dari ribuan page view blog, entah kenapa nilai impresi di Galaksion hanya terhitung maksimal 2000 saja, dan ini membuat saya sangat ribut dengan saya sendiri. Saya sangat menyangkan, mungkin karena iklan tidak terlalu terlihat, jadi nilai impresi pun terpotong, tidak sepenuhnya.

CPM Galaksion
CPM Galaksion selama 3 hari saya pasang iklan (hanya untuk eksperimen)

Kalau kamu mau mencoba menggunakan iklan ini, silakan mendaftar Galaksion, tentu CPM dan penghasil akan stabil jika kaulitas blog (dari segi page view) sudah tinggi, minimal 5000 saja kalian bisa mendapatkan sampai dengan 5 dollar kalau kualitas konten bagus.

Bahkan yang dikatakan Mas Andreas, nilai impresi 800 bisa menghasilkan dollar sebesar 35, gak percaya? Silakan kalian lihat di postingannya mas Andreas pada link yang sudah saya letakkan diatas ya.

Jenis Iklan Galaksion

Galaksion memiliki beberapa jenis iklan, mulai dari banner, pop under, notifikasi, dan jenis iklan banner, serta juga iklan link

Kelebihan CPM Galaksion

  • Selain nilai CPM yang sangat tinggi, jenis iklan juga sangat banyak, kalau mau lebih banyak kalian juga bisa menghubungi timnya untuk meminta kode iklan yang kalian mau
  • Penghasilan stabil setiap bulan (cenderung tinggi)
  • Minimal PO 100 dollar (paypal, mastercard, visa, dan wire transfer)
  • Pendaftaran mudah tanpa minimal traffic
  • Bisa dipasang bersamaan dengan Adsense
  • Cukup 800 impresi, bisa menghasilkan puluhan dollar (kalau lagi hoki)

Tapi ingat, penghasilan setiap blog itu berbeda ya, cenderung tergantung kualitas pada konten dari blognya masing-masing, jadi kemungkinan kalian bisa menghasilkan dibawah ulasan ini atau bahkan lebih tinggi dari ulasan ini, karena pada dasarnya setiap blog memiliki kualitas yang berbeda.

Kekurangan Galaksion

Selama ini saya tidak menemukan kekurangannya, hanya saja saya kesal dengan nilai impresi, kenapa coba dari ribuan pengunjung yang tercatat di Galaksion hanya 30 persenan saja, enggak sepenuhnya gitu. Tapi kemungkinannya sudah saya katakan juga diatas ya.

Pembayaran Iklan Galaksion dan Adsterra

Untuk pembayaran, Adsterra membayar setiap dua minggu sekali, yaitu tanggal 1 dan tanggal 16 (jika penghasilan sudah memenuhi ambang pembayaran, yaitu 100 dollar). Contohnya, penghasilan bulan Agustus sudah mencapai minimal PO pada tanggal 16 Agustus, maka pembayaran akan dibayar secara instan pada tanggal 1 bulan September.

Sementara itu, jika penghasilan mencapai minimal PO diatas tanggal 16 – 31, maka pembayaran akan dilakukan pada tanggal 16 bulan September.

Sementara iklan Galaksion, membayar setiap bulan Net 7, penghasilan bulan Agustus akan dibayar bulan September maksimal 7 hari.

Kesimpulan

Dari kedua jenis iklan CPM yang banyak di perbincangkan, manakah yang membuat kamu yakin dengan iklan diatas? Apakah kamu akan mencoba dan ingin merasakan bagaiaman penghasilan dari keduanya? Silakan mendaftarkan diri kamu sekarang juga, dan rasakan kualitas iklan dari keduanya.

Teman-teman, saya rasa itu saja ulasan dan perbandingan dari kedua iklan tersebut, saya harap kamu bisa mendapatkan iklan yang terbaik sesuai dengan harapan semua blogger agar memiliki penghasilan yang stabil setiap bulannya dari blog ya.

2 komentar untuk “Review Adsterra VS Galaksion, Iklan CPM Manakah yang Terbaik?”

  1. Kalau menurut saya, yang bahaya bagi SEO itu iklan popunder Adsterra karena semua link berubah menjadi kode iklan yang terbuka di tab baru. Kalau iklan Social_Bar tidak terlalu bermasalah karena dapat ditutup. Tapi terkadang ada pemaksaan jika iklan Social_Bar-nya full di HP.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *