Seberapa Penting Akun Google di Smartphone Android?

Seberapa Penting Akun Google di Smartphone Android?

Banyak orang yang tidak sadar atas kegunaan dan fungsi akun Google di Smartphone, terutama yang menggunakan operasi sistem Android.

Mereka hanya menganggap bahwa akun Google adalah syarat untuk mengaktifkan smartphone yang mereka miliki. Dan ini menjadi masalah besar tentunya, karena akun Google itu sangat berpengaruh terhadap keamanan, kenyamanan dan lainnya pada ponsel pintar yang kita miliki.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika ada banyak orang yang mau benerin ponsel kepada saya, mereka lupa akun Google yag dimiliki, sehingga terpaksa harus install ulang sistem-sistem yang ada didalamnya, dan tentu itu tidak mudah.

Banyak kasus tersebut terjadi pada saat mereka set ulang atau restart ponselnya. Tentu pada saat ingin menghidupkan kembali dengan keadaan ponsel seperti pada mulanya (bawaan pabrik) itu ada yang harus dilengkapi, yaitu memasukan sebuah akun Google yang sudah tertaut sebelumnya di ponsel yang mereka miliki.

Kasus-kasus seperti ini tak hanya satu atau dua kali saja saya hadapi, bahkan sangat banyak. Sekarang Google sudah sangat ketata keamanannya, pada ponsel milik mereka (Android) itu sudah kaya iPhone saja milik Apple.

Maka, sebaiknya tingkatkan kesadaran atas penggunaan akun Google, karena selain berfungsi untuk layanan email (Gmail), akun Google pun berperan penting dalam kenyamanan penggunaan ponsel berbasis Android.

Seberapa Penting Akun Google di Smartphone Android?

Nah, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan ketika memilki akun Google, jangan hanya membuat dan dilupakan begitu saja, akan tetapi kamu harus mengingat email dan password yang sebelumnya dibuat.

Bukan tanpa alasan, hal itu harus dilakukan karena kenyamanan penggunaan ponsel bergantungan terhadap akun Google. Jangan malah kami bilang gini “Halah, yang penting hp bisa digunakan” ini benar-benar kesalahan terbesar sepanjang kamu memiliki ponsel, karena sekarang sudah tidak jaman dulu lagi, keamanan Google semakin ketat.

Kamu sebaiknya baca lagi kasus yang saya ceritakan diatas bahwa pada saat ponsel di restart, maka kita wajib memasukkan akun Google yang sebelumnya sudah digunakan di ponsel tersebut. Ingat, bukan akun yang baru seperti kamu memulai pertama kali ponsel tersebut, tapi akun Google yang lama yang sudah dimasukkan.

Kalau enggak, akibatnya kamu harus pergi ke tukang servis, agar di install ulang software pada ponsel itu, dan tentu hal tersebut bukanlah biaya yang murah.

Manfaat dan Fungsi Akun Google di Smartphone Android

Ada beberapa manfaat dan fungsi (mutlak) artinya harus benar-benar kamu gunakan akun Google dan mengingat email serta kata sandi yang sudah dibuat pada saat pertama kali menggunakan ponsel tersebut.

Maka, akun Google itu berpengaruh terhadap semua sistem yang ada pada ponsel, mulai dari keamanan ponsel, mendownload aplikasi di Play Store, mengupdate aplikasi, mengupdate software, dan yang lainnya.

Dan berikut ini saya sudah siapkan daftar-daftar fungsi dan kegunaan akun Google pada sebuah ponsel android yang kita miliki.

1. Keamanan Sistem

Kurangnya kesadaran akan menyebabkan ponsel tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan bisa saja ponsel yang kita miliki kena virus akibat kurangnya kesadaran terhadap ponsel android.

Dulu sebelum saya memahami semua yang ada pada ponsel, saya tidak memikirkan akun Google, namun yang saya perhatikan hanya kenikmatan saja saat menggunakan ponsel tersebut.

Dan benar, itu menimbulkan masalah yang sangat besar, karena saya tidak memperhatikan akun Google, bahkan sama sekali tidak di masukkan, akhirnya ponsel saya kala itu terkena virus malware yang menyebabkan ponsel mati mendadak.

Nah, keamanan ponsel pun bergantung terhadap akun Google, kenapa? Karena sistem yang ada pada ponsel Android berhubungan dengan Google, kalau akun Google ditautkan, maka keamanan ponsel diserahkan kepada Google.

Kalau iPhone lain lagi, dia menggunakan iCloud, dan keamanannya diserahkan terhadap Apple. Banyak kan kasus-kasus iCloud terkunci akibat dari lupa password iCloud nya? Ya itulah kenapa sebuah akun yang penting itu harus diperhatikan.

Bukan cuma virus yang mudah masuk, ketika smartphone dicuri, maka dia akan memulai lagi dengan merestart ponsel tersebut, kemudian semua data yang ada dalam ponsel kamu akan hangus begitu saja dan disalahgunakan orang tak bertanggung jawab.

Jadi siapa yang rugi? Enggak mungkin Sunda Empire, karena mereka sudah bubar, petinggi nya sudah ditangkap, sejak kejadian itu muncullah Virus Corona, wkwk.

2. Sebagai Backup atau Percadangan Data

Kamu punya data-data penting? Ketika ponsel mati, eror, rusak, atau apapun itu menyebabkan data-data penting kamu hilang begitu saja. Namun, jika akun Google ditautkan dan kamu ingat email serta kata sandinya, kamu masih bisa menikmati data-data yang ada karena sudah di backup atau dicadangkan ke akun Google.

Mulai dari Foto, itu bisa menggunakan Google Foto, file-file lainnya menggunakan Google Drive sebagai cadangan. Nah kamu dapat membuka kembali di ponsel yang baru bahkan di laptop yang kamu miliki dengan masuk ke Akun Google tersebut yang ditautkan pada ponsel Android yang kamu miliki.

Alangkah baiknya kamu memahami tentang produk Google, selain Android dan Google search, dia punya banyak produk, seperti YouTube, Gmail, GDrive, Google Foto, Google Dok, dan masih banyak lagi, itu semua dapat kamu nikmati dengan satu akun, hanya satu saja.

3. Mencari Ponsel yang Hilang

Mustahil ponsel yang sudah hilang dapat ditemukan kembali. Ya itu dalam pikiran orang-orang yang tidak tahu manfaat sebenarnya dari sebuah akun Google. Faktanya, banyak orang yang menemukan kembali hapenya saat hilang dengan beberapa persyaratan.

Tentu syarat pertama adalah memiliki akun Google dan sudah tertaut di ponsel yang hilang. Kemudian layanan lokasi atau GPS di ponsel yang hilang itu harus hidup, jadi layanan lokasi sebenarnya bukan hanya sekedar penambah fitur di android, namun kaya akan fungsi.

Sebaiknya untuk menjaga-jaga, aktifkan layanan lokasi meskipun baterai berkapasitas rendah, ini menjaga supaya ponsel dapat ditemukan kembali ketika hilang. Kasus ponsel hilang sudah banyak terjadi, dan sebenarnya itu bisa ditemukan lagi dengan melacak lokasi, kecuali hapenya mati dan layanan lokasi tidak diaktifkan.

4. Ganti HP Cukup Restore Data

Kalau kamu ganti hp dari A ke B, maka enggak perlu lagi mengisi file-file secara manual, salah satunya file penting seperti kontak. Kalau sudah tersingkron ke akun Google, kamu gak perlu lagi catat nomor satu persatu, pada saat mengaktifkan HP baru, cukup masukan akunnya saja.

Begitupun dengan foto, video, dokumen, dan lainnya, termasuk aplikasi yang sudah dibeli di Play Store, kamu gak perlu beli lagi karena datanya sudah ada di akun Google sebelumnya, tinggal menikmati lagi saja di HP yang baru.

Baca juga : Seva Tempat Mobil Online Banyak Keunggulan

Nah, yang menurut saya pribadi yang paling itu sih, mungkin masih ada yang mau nambahin? Kalau kamu menemukan artikel ini dan ingin ditambahin apa manfaatnya, silakan isi dalam komentar ya untuk memberitahu kepada orang lain juga tentunya, kalau kamu suka artikel ini jangan lupa di share juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *