Selain Gudeg, Ini 6 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicicipi

Selain Gudeg, Ini 6 Kuliner Legendaris di Jogja yang Wajib Dicicipi

Yogyakarta memang sarat akan wisata alamnya yang indah dan alami. Mulai dari pantai, gunung, hingga hutan semua bisa Anda nikmati saat berwisata ke Jogja. Tapi, wisata kulinernya yang khas juga tak kalah seru untuk dicicipi. Tak hanya gudeg, Jogja menyimpan segudang kuliner-kuliner unik, enak, dan lezat yang pastinya sayang untuk dilewatkan, bukan?

Nah, menjelajah kuliner Jogja tentunya akan lebih praktis dengan rental mobil. Terlebih jika Anda berwisata bersama keluarga besar maupun sahabat, booking sewa mobil di Traveloka saja, bisa jadi pilihan yang tepat. Selain aman, praktis, dan mudah, booking sewa mobil di Traveloka juga lebih terjangkau karena ada banyak promo menarik yang bisa Anda nikmati.

Selain gudeg, berikut ini daftar wisata kuliner khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini menjadi salah satu ikon kuliner yang paling banyak diminati oleh hampir semua kalangan. Hal ini karena Mie Ayam Bu Tumini terkenal lezat, porsinya besar, dan harganya pun sangat terjangkau yakni berkisar Rp 8 ribu saja per mangkuknya. Maka tak heran jika Mie Ayam Bu Tumini laris manis diburu pembeli yang berasal dari sekitaran Jogja maupun luar Jogja. Mie Ayam Bu Tumini berada di Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Mie ayam ini buka mulai pukul 10.00-17.00 WIB.

2. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto ini berlokasi di Jl. Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188. Mangut Lele Mbah Marto merupakan salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. Mbah Marto, sang penemu, bahkan mengabdikan hidupnya selama 60 tahun untuk membuat, memasak, dan menjual mangut lele ini. Mangut Lele Mbah Marto memiliki cita rasa gurih dan manis. Olahan ikan lele dengan kuah santan yang pedas jadi salah satu ciri khasnya. Meski begitu, Anda bisa memilih varian lele yang digoreng atau diasap, keduanya sama-sama enak!

3. Lumpia Samijaya

Bagi Anda pecinta gorengan, pastinya Lumpia Samijaya akan berhasil menggoyang lidah Anda. Terletak di Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Lumpia Samijaya jadi salah satu kuliner yang selalu ramai pengunjung karena lokasinya yang berada di tengah jantung kota Jogja. Selain menjual lumpia, Lumpia Samijaya juga menyediakan es dawet campur yang cocok jadi pelepas dahaga setelah menyantap lumpia di tengah udara kota Jogja yang terik.

4. Wedang Tahu Bu Kardi

Wedang Tahu Bu Kardi ini berlokasi di Jl. Asem Gede, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa menikmati semangkuk Wedang Tahu Bu Kardi yang hangat, manis, dan melegakan tenggorokan ini, Anda harus bangun pagi-pagi karena Wedang Tahu Bu Kardi buka mulai pukul 06.00 WIB dan cepat habis. Selain itu, Wedang Tahu Bu Kardi juga cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi hari yang menyehatkan. Jangan sampai terlewat ya, karena jika kesiangan maka Anda akan kehabisan Wedang Tahu Bu Kardi ini!

5. Angkringan Lik Man

Tak lengkap rasanya jika ke Jogja namun tak mampir ke Angkringan Lik Man. Berlokasi di Pasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55232, Angkringan Lik Man ini buka mulai pukul 16.00 WIB. Ada banyak makanan yang disajikan di Angkringan Lik Man ini mulai dari sate-satean, gorengan, berbagai minuman, dan nasi kucing siap menyambut kedatangan Anda. Menyantap makanan di Angkringan Lik Man tentu akan jadi momen yang mengesankan karena jarang ditemui di kota-kota besar lainnya dan tentunya lebih akan jadi momen yang tak terlupakan bersama keluarga maupun sahabat.

6. House of Raminten

House of Raminten merupakan salah satu resto legendaris dan unik milik seniman Jogja, Raminten. Saat menyantap makan di sini, Anda akan disuguhkan aneka hidangan dengan nama-nama unik dan menarik. Selain itu, harganya murah dan porsinya pun sangat terjangkau sehingga cocok disantap bersama sahabat dan keluarga. House of Raminten berlokasi di Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224 dan tutup pukul 22.00 WIB.

Itulah enam kuliner legendari di Jogja selain gudeg, mana dulu nih yang ingin Anda cicipi bersama keluarga?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.