Tips Meminimalisir Loss Saat Trading

Tips Meminimalisir Loss Saat Trading

Kita tahu sendiri bahwa trading itu berpeluang tinggi profit (mendapatkan keuntungan) dan juga berpeluang loss (rugi). Perbandingan antara keduanya sangat seimbang, sehingga tak jarang orang yang ceroboh ketika mereka melakukan trading, dan yang terjadi bukannya profit tapi malah sebaliknya.

Jika kita menginginkan sebuah keuntungan yang besar, yang perlu kita perhatikan adalah memahami market, memahami pergerakan harga. Sistem trading itu layaknya membeli dan menjual emas, sehingga kita bisa saja diuntungkan dan bisa saja di rugikan.

Masih mending kalau kita rugi hanya beberapa persen saja, tapi yang saya lihat di salah satu market tempat saya trading, banyak sekali yang loss hingga 50%. Wah memang, ini kesalahan fatal yang membangkrutkan kita.

Nah disini ada 2 hal yang perlu kalian perhatikan jika ingin terlalu rugi, karena memang kita tidak akan tahu apakah coin yang kita beli itu akan naik atau malah turun? Disinilah pentingnya mendapatkan sinyal harga kripto.

Agar tidak rugi banyak saat melakukan trading, ada 2 hal yang harus kita lakukan, dan ini benar-benar penting karena kalau enggak ya justru kita akan terus rugi, bukannya di untungkan tapi malah dirugikan oleh koin yang malah turun drastis.

2 Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Meminimalisir Loss Saat Trading

2 Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Meminimalisir Loss Saat Trading

Dari sekian banyaknya yang memberikan tips trading, banyak sekali sistem trading yang sudah kita pelajari dan sudah kita terapkan. Ada yang trading per jam, perhari, per minggu, hingga per tahun. Padahal kita sendiri tahu bahwa koin kripto ini merupakan aset jangka panjang.

Tapi memang, kalau kita gunakan sebagai trading untuk menambah penghasilan, kita seharusnya menggunakannya untuk trading harian, dengan trik-trik yang sudah banyak bertebaran.

Sudah melakukan berbagai trik, tapi tetap saja loss, ini gimana sih? Yang perlu kita lakukan adalah mendapatkan sinyal, di salah satu market biasanya memberikan sinyal apakah koin itu terindikasi bearish atau bullish. Yang artinya kita bisa memanfaatkan sinyal trading tersebut sebagai bocoran apakah kita akan menjual atau membeli koin.

Membiarkan dan Menunggu Hingga Koin Naik

Membiarkan dan Menunggu Hingga Koin Naik

Seperti namanya, kripto koin merupakan aset masa depan, jadi langkah pertama untuk meminimalisir loss saat sedang melakukan transaksi jual beli aset kritpo, kita harus hold atau menahannya dalam waktu yang jangka panjang. Biasanya, dalam beberapa bulan ke depan, koin akan mengalami kenaikan kembali.

Jika dalam beberapa bulan ke depan ternyata koin malah semakin turun, itu memang menjadi masalah besar, sehingga kita harus membiarkannya saja sampai beberapa tahun, 1, 2, hingga 3 tahun.

Tapi, tips ini tidak diperuntukkan bagi kamu yang melakukan trading harian, seperti saya yang sama sekali tidak memikirkan rugi atau untung. Kesalahan saya sendiri menjual koin tanpa memperhatikan kenaikan atau penurunan harga.

Melakukan hold dalam jangka panjang hanya diperuntukkan bagi kamu yang tipe investasi, karena bisa dikatakan jual beli aset koin merupakan investasi aset kripto untuk masa depan. Jadi, apa salahnya jika di tahan sampai bertahun-tahun?

Menjual Sebelum Harga Semakin Turun

Menjual Sebelum Harga Semakin Turun

Harga koin layaknya harga dollar, dalam satu detik saja bisa naik turun hingga beberapa kali. Koin-koin seperti ini memang tidak semuanya, biasanya terjadi pada koin-koin besar seperti BTC, tapi koin-koin kecil juga senang menirukan koin besar.

Perubahan harga dari detik ke detik secara signifikan sering terjadi, hal ini berdasarkan yang saya lihat sendiri di market yang saya gunakan untuk jual beli kripto. Bahkan, saya sering tidak sadar dalam kesalahan membelinya pada saat harga naik dan menjualnya pas harga turun, karena perubahan yang signifikan hanya terjadi beberapa jam atau beberapa hari saja.

Di sebuah market tersebut, kemarin saya melihat harga Ravencoin (RVN) yang mengalami perubahan harga begitu cepat, naik sampai puluhan persen hingga ratusan persen, dan naik turun ini terjadi dalam hitungan detik, sehingga saya tidak begitu baik melakukan trading disini, padahal sebenarnya koin-koin seperti ini sangat cocok dijadikan trading harian.

Kita kembali pada meminimalisir loss, sebenarnya cara ini cukup simpel, tapi kita harus memperhatikan pasar dengan lebih teliti dan memahaminya dengan lebih baik.

Jika kita melihat bahwa harga koin semakin turun, ada baiknya kita segera menjual koin sebelum ke titik terendah. Seperti kejadian dulu, saya sempat melihat salah satu koin, sebut saja TITAN, harganya naik secara cepat, dan ternyata tidak tahan lama langsung turun, dari puluhan ribu ke belasan ribu.

Saya sengaja trading disana karena dirasa harga akan terus naik, tapi faktanya dalam beberapa jam kemudian, harga turun sampai 50%. Disitulah kerugian yang saya dapatkan. Alangkah baiknya jika kita segera menjualnya pada saat harga turun tidak lebih dari 5%. Namun pastikan dulu kamu benar-benar yakin bahwa harga itu semakin turun.

Teman-teman, jadi saya rasa cukup dua hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya loss yang semakin besar, poin pertama berlaku untuk tipe trader jangka panjang, dan poin ke dua berlaku untuk tipe trader harian, tapi bisa juga dilakukan oleh siapapun keduanya. Selamat bertransaksi koin kripto, semoga profit selalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.